Your Ad Here

Your Ad Here

Storage Spaces, Memudahkan Anda Membuat Media Penyimpanan untuk Server Anda



Dewasa ini, teknologi penyimpanan data untuk server semakin berevolusi dalam hal kecanggihan dan juga dari harga (baca: lebih murah), dan salah satu teknologi penyimpanan data server yang canggih serta murah meriah dan bertoleransi tinggi adalah Storage Spaces besutan Microsoft yang sudah built-in di Windows Server 2012 ke atas. Pada Storage Spaces, kita dapat menggunakan HDD yang beredar di pasaran (bahkan kita dapat menggunakan USB External HDD), dan menggabungkan nya menjadi satu pool yang dimana apabila salah satu HDD di pool rusak, maka tidak akan terjadi gangguan yang berarti pada operasional server. Yang lebih canggih lagi, apabila kita menggabungkan HDD tradisional dengan SSD di suatu array Storage Spaces, maka data yg sering di akses (atau disebut hot data), akan disimpan di SSD, dan yg jarang di akses (atau disebut cold data) akan disimpan di HDD tradisional, sehingga menghasilkan performa yang optimal. Pada Storage Spaces, terdapat beberapa model operasional, yang akan dijelaskan di bawah ini:



  • Mode Simple: Mode ini adalah mode dimana semua hard drive yang tergabung oleh Storage Spaces dapat dipakai sepenuhnya, singkatnya ini adalah mode gabung dari beberapa HDD sekaligus dan tidak ada opsi backup di mode ini. Mode ini sangat tidak disarankan untuk dipakai di production environment.

  • Mode Mirroring: Mode ini adalah mode yg dimana semua HDD memiliki backup persis dengan dirinya di hdd yg lain (minimal 1 pasang), ini adalah mode yang paling disarankan, akan tetapi mode ini memiliki kekurangan, yaitu, kita hanya mendapat ukuran setengah nya dari total pool yang ada. Mode ini baik untuk digunakan menyimpan file-file penting yang ada di server. Mode ini membutuhkan minimal 2 HDD (untuk two-way mirroring) atau 3 HDD (untuk three-way mirroring)

  • Mode Parity: Mode ini adalah mode yang paling efisien, yang mana kita mendapatkan efisiensi dan keamanan juga, mode ini paling baik untuk dipakai menyimpan file yang tidak terlalu penting. Mode ini membutuhkan minimal 3 HDD untuk melindungi anda dari kerusakan 1 HDD, dan 7 HDD untuk melindungi anda dari kerusakan 2 HDD




wdcfawqafwef